Posted by: bidadarimanis | October 20, 2013

Dan satu tahun berlalu


Image

Entah berapa lama lagi sisa waktu yang kami (saya, suami dan ansha anak pertama saya) punya untuk bersama-sama…karena kami telah melewati masa-masa indah selama 1 tahun sejak kehadiran ansha didunia…

1 tahun lalu 20 okt 2012…ansha lahir tepat jam 17.15 wib..di klinik dr syarkowi spog di jatiwaringin..lokasinya 5 menit aja dari rumah..saya pilih dokter n lokasi tersebut karena dekat rumah dan ga pake macet…alhamdullillah juga kondisi kehamilan sehat, posisi janin normal jadi saya bisa melahirkan dengan normal walaupun harus mulas dari jam 3.30 -17.15 dan pas pembukaan lengkap ketuban sudah habis….terbayang kan betapa seretnya keluarin bayi dengan air ketuban habis….

Ansha lahir dgn berat 2.5 kg dan panjang 48 cm…mukanya??? Mirip bangettttt sama papanya…kami memberinya nama anshafa alifa raniah (ansha=anakku sayang dipanjangin jadi anshafa , shafa bukit shafa di mekah, alifa=abjad pertama dalam bahasa arab=karna anak perempuan jadi alifa, raniah=ratu yang bijakasana…). Menurut kami arti namanya adalah anakku sayang  perempuan pertama yang bijaksana… (amin)…

Alhamdulillah setelah 24 jam asi  sudah keluar walaupun masih menetes dan pakai pompa asi Cuma dapet 6 sendok kecil…tetep terus di stimulasi dan diajarkan ke ansha untuk bisa menyusu langsung….sampai akhirnya asi berlimpah (freezer 10 liter sampai overload)…Alhamdulillah…

Tibalah waktunya merasakan bagaimana punya bayi….baby blues??? Iya…capek??pasti…begadang??sudah tentu…waktu yang telah berlalu itupun sangat terasa berat saat itu bagi saya…pertama saya anak tunggal ga biasa ada anak kecil dirumah ga punya pengalaman sama anak kecil dan segala sesuatu dengan bayi…dan harus menerima kenyataan bahwa suami kerja diluar kota yang baru 1,5 bulan sekali bisa datang menemani dirumah selama 2 minggu…

Tapi…

Alhamdulillah banyak yang dengan baik hati membantu dan memberi support…

Suami??? Jangan ditanya..dia adalah orang yang super sabar menghadapi dan membantu saya yang sering frustasi dan jet lag ….

Apa sih yang membuat saya sering merasa frustasi? Flash back sedikit ini mungkin bisa membantu saya atau yang mungkin membacanya nanti belajar dari saya : (geer amat ya)

  1. Putting lecet: buat ibu-ibu menyusui putting lecet adalah hal terhoror kalau mau menyusui…kenapa …sungguh luar binasa sakitnya….pas putting lecet..setiap ansha mau nyusu haduuhhh horror banget..jerit sekencangkencangnya saya sampai nangis-nangis…ternyata putting lecet itu disebabkan karena posisi menyusunya belum pas..(latch on)…kira-kira ini berlangsung sampai 2 minggu….fiuuhhhh….s
  2. Belajar minum asip (asi perah): guess what..ansha tipe bayi yang lebih senang menyusu langsung ketimbang minum asip…mulai dari lahir sampai sekarang..jadi mengajarkan ansha minum asip lebih sulit ketimbang mengajar mahasiswa yang saya ajar…mulai dari pakai sendok, cup feeder, segala macam dot, sulitnya minta ampun sampai nangis-nangis saya ngajari dan selama itu pula ga ada yang berani nungguin ansha dirumah tanpa saya..mereka takut ansha ga mau minum asip, laper dan menangis …finally menjelang cuti habis ansha bisa minum pakai dot gepeng walaupun sedikit yang diminum….
  3. Mencari pengasuh: saya kerja…dari awal melahirkan saya sudah sounding sama keluarga mau cari pengasuh yang bisa dipercaya. Secara jaman sekarang nyari yang bisa ngasuh bayi dangan baik dan benar dan harga terjangkau itu luar biasa sulit, tapi ibu saya bilang bisa nanti gentian..kebetulan beliau juga dosen yang waktunya fleksible atau titip ke day care…Akhirnya begitu cuti selesai saya menghadapi ketiadaan pengasuh, day care yang tidak memadai dan waktu mengajar yang tidak bisa gentian dengan ibu saya….jadi…saya harus ke kantor membawa ansha+stroller+asip+dot ke tempat kerja saya…titip ke secretariat atau orang perpustakaan atau saya bawa masuk kelas dan saya pangku dia waktu saya ngajar….bener-bener sangat menguji kesabaran..dan tenaga saya terkuras habis dan stress…karna saya harus bangun pagi-pagi, mandiin ansha, siapin baju dan lainnya lalu barangkat kekantor bersama eyang kakung nya ansha….semua itu berlangusng selama hamper 2 bulan…alias sampai ansha menjelang usia 5 bulan…dan finally…mba yang bebersih rumah mau memperpanjang waktu kerjanya dirumah saya dengan menjaga ansha sampai saya sudah pulang kerja…
  4. Ketika ansha sakit: semua kalau sakit pasti ga nyaman..apalagi bayi….waktu dia batuk sampe berlendir saya panic dan bawa dia ke DSA diksh obat…(obat?!!) saya belum begitu mengerti tentang RUM (Rasional Use of Medicine)…belum ngerti kalau batuk pilek or common cold tidak perlu pakai obat karna yang diperlukan daya tahan tubuh yang kuat untuk lawan virus…(virus ya bukan bakteri)…ga tega juga kasih obatnya…tp akhirnya saya kasih juga krn belum ngerti wlpn yng saya kasih itu hanya sedikit dan sebagian aja…

Seiring berjalannya waktu saya belajar dan ngerti bagaimana tata laksana kalau saya anak sakit saya banyak belajar dari milist sehat dan asiforbaby juga dari ibu2 afb di grup BB..jadi kalau sakit hanya batuk pilek demam biasa yaaa saya treatment dirumah saja…tanpa obat..alhamdulillah sampai usia 1 tahun ini ansha sakti ga lebih dari 4 kali..panas 2 x, batuk 3 kali dan  pilek 3 x.

5.  Mastitis: akibat Tersumbatnya saluran asi pada payudara sehingga asi yg diprodiksi tidak bisa keluar dan menyebabkan pembengkakan pada saluran asi…

rasa sakitnya ?? jangan ditanya..ampuuunnnnn….tangan gerak sedikit aja duhh sakittt…pernah separuh PD kanan bengkak seperti batu akhirnya ke dokter lah dan dikasih obat anti radang…kejadian ini berulang 2 kali walaupun ga sampai separah itu tapi tetep aja mastitis sakit…

6. GTM (gerakan tutup mulut)..hmmmmmm rasanya koq yaaa ga ada habisnya urusan ngurus anak:D….. bayi bisa juga merasakan makanan enak ga enak…mw tumgi –GTM, sakit – GTM,kenal rasa-GTM, ga selera-GTM, maunya main-GTM….emang ga laper ya nak GTM kan ga makan…tepok jidat deh kalau yang ini….sampai sekarang kasus ini belum terpecahkan….karna berulang dan solusinya pada ibu kreatif dan anak berselera makan….ibu kreatif tapi anak ga berselera yaaa tetep aja ga mau MAKAN….

Percaya atau tidak..saya yang tadinya ga bisa masak sekarang sudah bisa bikin biscuit bayi (wlpn sering gosong), bisa buat baso, nugget dan olahan makanan lainnya yang umum dan ga umum hihihihi….rasanya masih kanan kiri sih  tapi namanya juga belajar yaaaa…

Masuk usia 10 bulan mulai dehhhhh ansha menunjukkan eksistensi diri kalau dia juga punya keinginan..”ga mau makan”, “mau makan yang ‘itu’ saja”, mau makan tapi harus….(main, nonton bola di lapangan, dalam keadaan bengong, ada rasa kejunya, kriuk kriuk, makan sendiri, ga mau disuapin)…akhirnya turunlah BB nya….10 bulan maunya makan bsikuit,kurma,keju. Masuk bulan ke 11-12 mau makan nasi sayur berkuah+ikan+baso+ nugget yang semua saya buat sendiri(senengnya minta ampun saya), 1,5 minggu sebelum 12 bulan kembali ansha menunjukkan eksistensi dirinya…menampik makanan kalau disuapi, maunya makan sendiri pakai tangan atau sendok (makan nasi satu-persatu nasi /mie, ubi,kentang, diambil dan dimasukin mulutnya sendiri )kalau menurut dia ga ada rasa keju atau manis..keluar lagi deh tu dari mulut….kalau disuapi melengos sampe kejedot-jedot…berasa kayak main kungfu…kalau ga mau dia udh bisa geleng-geleng dan yang kocak adalah geleng-gelengnya itu sampe seluruh badan..

sedia macam-macam makanan….yang dimakan ujung-ujungnya kejuuuuuuu…(ya ampun nak…wong londo opo yoo kowe..)…

Akhirnya satu tahun terlewati….kalau orang-orang bilang lhoo ga terasa ya udah 1 tahun aja..tapi buat saya..1 taun sangat lah terasa…berasa lama, berasa terlewwati setiap detiknya

Semoga tahun –tahun berikutnya saya dan suami masih diberi umur dan kesempatan untuk bisa mendampingi ansha tumbuh besar….harapan terdekat saya adalah….ansha mau makan apa saja yang disediakan mamanya…sama seperti papanya yang pemakan segala yang halal.;D.

Usia 1 tahun sudah tumbuh gigi 6 (4 atas 2 bawah) sisanya udh mau nongol, sudah bisa jalan 4 langkah, sudah bisa merespon suara adzan (langsung pegang kepala), suara burung dan peswat terbang (langsung tunjuk tangan), geleng-geleng tanda ga mau, respon pegang kepala kalau saya bilang pusing dan bernyanyi topi saya bundar, bisa melanjutkan kalau orang bilang “satu, dua ti…ga….(ansha lanjut “ga!!”…), empat li…”ma!!”, mengerti Salim (cium tangan), bye bye melambaikan tangan, menunjuk mata dan hidung kalau ditanya mata hidung mana…sudah bisa minta pakaikan sepatu dan kasih kode kalau mau pipis..kalau lagi tidur mau pipis pun dia bangun…trus pegang celana sambil jongkok…tau-tau celananya sudah basah…hehehehehe…betapa pintarnya ansha….

peluk dulu ah dari mama papa…

selamat hari jadi yang pertama ya sayang…semoga sehat terus , jadi anak sholehah. pintar, ramah dan baik hati juga berbakti sama orang tua dan berguna bagi orang banyak..Amin

 

peluk dulu ah dari mama papa…


Leave a comment

Categories