Posted by: bidadarimanis | October 20, 2013

Dan satu tahun berlalu

Image

Entah berapa lama lagi sisa waktu yang kami (saya, suami dan ansha anak pertama saya) punya untuk bersama-sama…karena kami telah melewati masa-masa indah selama 1 tahun sejak kehadiran ansha didunia…

1 tahun lalu 20 okt 2012…ansha lahir tepat jam 17.15 wib..di klinik dr syarkowi spog di jatiwaringin..lokasinya 5 menit aja dari rumah..saya pilih dokter n lokasi tersebut karena dekat rumah dan ga pake macet…alhamdullillah juga kondisi kehamilan sehat, posisi janin normal jadi saya bisa melahirkan dengan normal walaupun harus mulas dari jam 3.30 -17.15 dan pas pembukaan lengkap ketuban sudah habis….terbayang kan betapa seretnya keluarin bayi dengan air ketuban habis….

Ansha lahir dgn berat 2.5 kg dan panjang 48 cm…mukanya??? Mirip bangettttt sama papanya…kami memberinya nama anshafa alifa raniah (ansha=anakku sayang dipanjangin jadi anshafa , shafa bukit shafa di mekah, alifa=abjad pertama dalam bahasa arab=karna anak perempuan jadi alifa, raniah=ratu yang bijakasana…). Menurut kami arti namanya adalah anakku sayang  perempuan pertama yang bijaksana… (amin)…

Alhamdulillah setelah 24 jam asi  sudah keluar walaupun masih menetes dan pakai pompa asi Cuma dapet 6 sendok kecil…tetep terus di stimulasi dan diajarkan ke ansha untuk bisa menyusu langsung….sampai akhirnya asi berlimpah (freezer 10 liter sampai overload)…Alhamdulillah…

Tibalah waktunya merasakan bagaimana punya bayi….baby blues??? Iya…capek??pasti…begadang??sudah tentu…waktu yang telah berlalu itupun sangat terasa berat saat itu bagi saya…pertama saya anak tunggal ga biasa ada anak kecil dirumah ga punya pengalaman sama anak kecil dan segala sesuatu dengan bayi…dan harus menerima kenyataan bahwa suami kerja diluar kota yang baru 1,5 bulan sekali bisa datang menemani dirumah selama 2 minggu…

Tapi…

Alhamdulillah banyak yang dengan baik hati membantu dan memberi support…

Suami??? Jangan ditanya..dia adalah orang yang super sabar menghadapi dan membantu saya yang sering frustasi dan jet lag ….

Apa sih yang membuat saya sering merasa frustasi? Flash back sedikit ini mungkin bisa membantu saya atau yang mungkin membacanya nanti belajar dari saya : (geer amat ya)

  1. Putting lecet: buat ibu-ibu menyusui putting lecet adalah hal terhoror kalau mau menyusui…kenapa …sungguh luar binasa sakitnya….pas putting lecet..setiap ansha mau nyusu haduuhhh horror banget..jerit sekencangkencangnya saya sampai nangis-nangis…ternyata putting lecet itu disebabkan karena posisi menyusunya belum pas..(latch on)…kira-kira ini berlangsung sampai 2 minggu….fiuuhhhh….s
  2. Belajar minum asip (asi perah): guess what..ansha tipe bayi yang lebih senang menyusu langsung ketimbang minum asip…mulai dari lahir sampai sekarang..jadi mengajarkan ansha minum asip lebih sulit ketimbang mengajar mahasiswa yang saya ajar…mulai dari pakai sendok, cup feeder, segala macam dot, sulitnya minta ampun sampai nangis-nangis saya ngajari dan selama itu pula ga ada yang berani nungguin ansha dirumah tanpa saya..mereka takut ansha ga mau minum asip, laper dan menangis …finally menjelang cuti habis ansha bisa minum pakai dot gepeng walaupun sedikit yang diminum….
  3. Mencari pengasuh: saya kerja…dari awal melahirkan saya sudah sounding sama keluarga mau cari pengasuh yang bisa dipercaya. Secara jaman sekarang nyari yang bisa ngasuh bayi dangan baik dan benar dan harga terjangkau itu luar biasa sulit, tapi ibu saya bilang bisa nanti gentian..kebetulan beliau juga dosen yang waktunya fleksible atau titip ke day care…Akhirnya begitu cuti selesai saya menghadapi ketiadaan pengasuh, day care yang tidak memadai dan waktu mengajar yang tidak bisa gentian dengan ibu saya….jadi…saya harus ke kantor membawa ansha+stroller+asip+dot ke tempat kerja saya…titip ke secretariat atau orang perpustakaan atau saya bawa masuk kelas dan saya pangku dia waktu saya ngajar….bener-bener sangat menguji kesabaran..dan tenaga saya terkuras habis dan stress…karna saya harus bangun pagi-pagi, mandiin ansha, siapin baju dan lainnya lalu barangkat kekantor bersama eyang kakung nya ansha….semua itu berlangusng selama hamper 2 bulan…alias sampai ansha menjelang usia 5 bulan…dan finally…mba yang bebersih rumah mau memperpanjang waktu kerjanya dirumah saya dengan menjaga ansha sampai saya sudah pulang kerja…
  4. Ketika ansha sakit: semua kalau sakit pasti ga nyaman..apalagi bayi….waktu dia batuk sampe berlendir saya panic dan bawa dia ke DSA diksh obat…(obat?!!) saya belum begitu mengerti tentang RUM (Rasional Use of Medicine)…belum ngerti kalau batuk pilek or common cold tidak perlu pakai obat karna yang diperlukan daya tahan tubuh yang kuat untuk lawan virus…(virus ya bukan bakteri)…ga tega juga kasih obatnya…tp akhirnya saya kasih juga krn belum ngerti wlpn yng saya kasih itu hanya sedikit dan sebagian aja…

Seiring berjalannya waktu saya belajar dan ngerti bagaimana tata laksana kalau saya anak sakit saya banyak belajar dari milist sehat dan asiforbaby juga dari ibu2 afb di grup BB..jadi kalau sakit hanya batuk pilek demam biasa yaaa saya treatment dirumah saja…tanpa obat..alhamdulillah sampai usia 1 tahun ini ansha sakti ga lebih dari 4 kali..panas 2 x, batuk 3 kali dan  pilek 3 x.

5.  Mastitis: akibat Tersumbatnya saluran asi pada payudara sehingga asi yg diprodiksi tidak bisa keluar dan menyebabkan pembengkakan pada saluran asi…

rasa sakitnya ?? jangan ditanya..ampuuunnnnn….tangan gerak sedikit aja duhh sakittt…pernah separuh PD kanan bengkak seperti batu akhirnya ke dokter lah dan dikasih obat anti radang…kejadian ini berulang 2 kali walaupun ga sampai separah itu tapi tetep aja mastitis sakit…

6. GTM (gerakan tutup mulut)..hmmmmmm rasanya koq yaaa ga ada habisnya urusan ngurus anak:D….. bayi bisa juga merasakan makanan enak ga enak…mw tumgi –GTM, sakit – GTM,kenal rasa-GTM, ga selera-GTM, maunya main-GTM….emang ga laper ya nak GTM kan ga makan…tepok jidat deh kalau yang ini….sampai sekarang kasus ini belum terpecahkan….karna berulang dan solusinya pada ibu kreatif dan anak berselera makan….ibu kreatif tapi anak ga berselera yaaa tetep aja ga mau MAKAN….

Percaya atau tidak..saya yang tadinya ga bisa masak sekarang sudah bisa bikin biscuit bayi (wlpn sering gosong), bisa buat baso, nugget dan olahan makanan lainnya yang umum dan ga umum hihihihi….rasanya masih kanan kiri sih  tapi namanya juga belajar yaaaa…

Masuk usia 10 bulan mulai dehhhhh ansha menunjukkan eksistensi diri kalau dia juga punya keinginan..”ga mau makan”, “mau makan yang ‘itu’ saja”, mau makan tapi harus….(main, nonton bola di lapangan, dalam keadaan bengong, ada rasa kejunya, kriuk kriuk, makan sendiri, ga mau disuapin)…akhirnya turunlah BB nya….10 bulan maunya makan bsikuit,kurma,keju. Masuk bulan ke 11-12 mau makan nasi sayur berkuah+ikan+baso+ nugget yang semua saya buat sendiri(senengnya minta ampun saya), 1,5 minggu sebelum 12 bulan kembali ansha menunjukkan eksistensi dirinya…menampik makanan kalau disuapi, maunya makan sendiri pakai tangan atau sendok (makan nasi satu-persatu nasi /mie, ubi,kentang, diambil dan dimasukin mulutnya sendiri )kalau menurut dia ga ada rasa keju atau manis..keluar lagi deh tu dari mulut….kalau disuapi melengos sampe kejedot-jedot…berasa kayak main kungfu…kalau ga mau dia udh bisa geleng-geleng dan yang kocak adalah geleng-gelengnya itu sampe seluruh badan..

sedia macam-macam makanan….yang dimakan ujung-ujungnya kejuuuuuuu…(ya ampun nak…wong londo opo yoo kowe..)…

Akhirnya satu tahun terlewati….kalau orang-orang bilang lhoo ga terasa ya udah 1 tahun aja..tapi buat saya..1 taun sangat lah terasa…berasa lama, berasa terlewwati setiap detiknya

Semoga tahun –tahun berikutnya saya dan suami masih diberi umur dan kesempatan untuk bisa mendampingi ansha tumbuh besar….harapan terdekat saya adalah….ansha mau makan apa saja yang disediakan mamanya…sama seperti papanya yang pemakan segala yang halal.;D.

Usia 1 tahun sudah tumbuh gigi 6 (4 atas 2 bawah) sisanya udh mau nongol, sudah bisa jalan 4 langkah, sudah bisa merespon suara adzan (langsung pegang kepala), suara burung dan peswat terbang (langsung tunjuk tangan), geleng-geleng tanda ga mau, respon pegang kepala kalau saya bilang pusing dan bernyanyi topi saya bundar, bisa melanjutkan kalau orang bilang “satu, dua ti…ga….(ansha lanjut “ga!!”…), empat li…”ma!!”, mengerti Salim (cium tangan), bye bye melambaikan tangan, menunjuk mata dan hidung kalau ditanya mata hidung mana…sudah bisa minta pakaikan sepatu dan kasih kode kalau mau pipis..kalau lagi tidur mau pipis pun dia bangun…trus pegang celana sambil jongkok…tau-tau celananya sudah basah…hehehehehe…betapa pintarnya ansha….

peluk dulu ah dari mama papa…

selamat hari jadi yang pertama ya sayang…semoga sehat terus , jadi anak sholehah. pintar, ramah dan baik hati juga berbakti sama orang tua dan berguna bagi orang banyak..Amin

 

peluk dulu ah dari mama papa…

Advertisements
Posted by: bidadarimanis | October 27, 2010

Aku ingin mencintaimu

Aku ingin mencintaimu karena ketampananmu

menyejukkan setiap mata yang memandangnya

tapi kemudian aku bertanya

saat ketampanan itu memudar ditempuh usia

seberapa pudarkah kelak cintaku padamu?

 

Aku ingin mencintaimu karena sifatmu yang ceria

menjadi semangat yang menyala di dalam hati ini

tapi kemudian aku bertanya

bila keceriaan itu kelam dirundung duka

seberapa muram cintaku kan ada?

 

Aku ingin mencintaimu karena ramah hatimu

memberi kehangatan dalam setiap sapaanmu

tapi kemudian aku bertanya

kiranya keramahan itu tertutup kabut prasangka

seberapa mampu cintaku memendam praduga?

 

Aku ingin mencintaimu karena cerdasnya dirimu

membuatku yakin pada putusanmu

tapi kemudian aku bertanya

ketika kecerdasan itu berangsur hilang menua

seberapa bijak cintaku tuk tetap mengharapmu?

 

Aku ingin mencintaimu karena kemandirian yang kau miliki

menyematkan rasa bangga ku yang mengenalmu

tapi kemudian aku bertanya

jika di tengah itu rasa manjamu tiba menyeruak

seberapa cintaku tetap bersamamu?

 

Aku ingin mencintaimu karena tegarnya sikapmu

menambatkan rasa kagum pada kokohnya pertahananmu

tapi kemudian aku bertanya

andai ketegaran itu rapuh diterpa badai

seberapa kuat cintaku bertahan?

 

Aku ingin mencintaimu karena pengertian yang kau berikan

menumbuhkan ketenangan karena kepercayaan yang kau tanam

tapi kemudian aku bertanya

kelak pengertian itu tertelan oleh ego sesaat

seberapa ku mampu mengerti cinta ini?

 

Aku ingin mencintaimu karena luasnya danau kesabaranmu

menambah dalamnya rasa cinta semakin ku mengenalmu

tapi kemudian aku bertanya

mungkin kesabaran itu mencapai batas membendung kesalahanku

seberapa besar cinta mampu memaafkan?

 

Aku ingin mencintaimu karena karena keteguhan imanmu

bagai siradj yang benderang mengantarkan cahaya

tapi kemudian aku bertanyakala iman itu jatuh menurun

seberapa berkurang akhirnya cintaku padamu?

 

Aku ingin mencintaimu karena kau yang tlah kupilih

sebagai cinta yang kan kupegang sepanjang hayat

tapi kemudian aku bertanyapun hati ini tergoncang

seberapa mantap cinta ini tuk tetap setia?

 

Andai sejuta alasan tak cukup

untuk membuat cinta ini tetap bersama dirimu

maka biar kupinta satu alasan tuk menjaga cintaku..

 

Aku ingin mencintaimu karena Allah..

 

karena Dia kan selalu ada tuk menjaga

maka cintaku kan tetap utuh dan setia

hingga kelak, ku tak mampu lagi mencintaimu

karena cintaku berpulang pada-Nya..

 

*untuk dia yang ku ingin mencintainya, kata yang ingin kuucap, kupegang dan kupertahankan..

 

setelah walimatul ursy’..

 

Bismillahirrahmaanirrahiim.Aku ingin mencintaimu karena Allah.. ^_^

Posted by: bidadarimanis | October 14, 2010

Cara berpikir seorang enterpreneur/wirausahawan(part 1)

Beberapa minggu terakhir ini saya banyak mendapat pelajaran berharga tentang kehidupan.

bermula dari obrolan dengan salah satu kerabat saya yang berwirausaha, dan kemudian saya belajar banyak dari beliau tentang bagaimana cara berpikir seorang yang berwirausaha seperti dia

hari pertama saya “kursus gratis” di tempat beliau saya diberi wejangan panjang lebar bagaimana dia menjalankan usaha dan bagaimana cara dia berpikir…

1. Cara beliau menjalankan usaha adalah mencapai BEP = tidak punya hutang dan piutang (penjelasan sederhananya begitu), kalaupun sampai dapat untung dari usahanya ya disyukuri, ditabung untuk modal usaha yang lain.

2. Tiga tipe pengusaha (menurut beliau):

a) berani ambil resiko: tipe orang macam ini apapun peluang yang ada didepannya diambil, tentunya berharap mendapat keuntungan, tapi kalaupun tidak dapat untung atau rugi setidaknya usaha yang dia jalankan sudah memberi nama, dikenal orang, dan mendapat pengalaman dari usaha yang telah ia jalankan

b)  hanya diam: tipe ini ga mau bergerak sekalipun ada peluang, tapi karna dia ga tau mau ngapain, takut maju kena mundur kena ya jadi diem aja.dari situ dia ga akan dapet apa2

c) bergerak mundur: tipe ini kalau ada peluang didepannya yang dia ga tau seperti apa nantinya dia akan mundur alias ga melanjutkan menjalankan usahanya.

3. Jangan membatasi ide dari orang lain. Setiap individu punya prinsip dan sikap masing-masing dalam menghadapi sesuatu. setiap orang boleh berpendapat berbeda dan menjalankannya dengan cara berbeda pula asalkan tujuannya sama, yaitu usahanya tetap berjalan.

4. orang berhasil = orang yang mau bergerak/ berusaha

5. perbedaan orang pinter dan orang tidak pintar. Orang pintar banyak tau tentang sesuatu, jadi banyak pertimbangan, banyak takutnya, takut rugi, takut ditipu, takut lain2nya, sedangkan orang bodoh karna ga tau apa-apa jadi dia ambil aja peluang yang menurut dia oke, walaupun hasilnya hanya ada dua kemungkinan : Rugi atau Untung tapi dia ambil saja resiko itu.

Point 1- 5 yang saya sebutkan diatas itu adalah cara berpikir seorang kerabat saya tersebut. Beliau belajar usaha tersebut secara otodidak, kuliah ga selesai, tapi sudah lama sekali menjalankan usaha yang naik turun itu. Beliau banyak belajar dari pengalaman-pengalamannya.

Masih banyak lagi hal-hal yang tersembunyi dari beliau yang belum saya pelajari, mudah-mudahan masih panjang waktu saya untuk “kursus gratis” bersama beliau. jadi saya bisa berbagi lagi bagaimana cara berpikir seorang enterpreneur/ wirausahawan

Jia you

Posted by: bidadarimanis | October 9, 2010

Teresa Teng-Moon Represent My Heart

You ask me how deep my love for you is,

ni wen wo ai ni you duo shen

How much I really love you…

wo ai ni you ji fen

My affection is real.

wo de qing ye zhen

My love is real.

wo de ai ye zhen

The moon represents my heart.

yue liang dai biao wo de xin

* Just one soft kiss

qing qing de yi ge wen
is enough to move my heart.

yi jin da dong wo de xin
A period of time when our affection was deep,

shen shen de yi duan qing

Has made me miss you until now.

jiao wo si nian dao ru jin

* You ask me how deep my love for you is,
How much I really love you.

ni wen wo ai ni you duo shen
wo ai ni you ji fen

* ** Go think about it.
Go and have a look [at the moon],
The moon represents my heart.

ni qu xiang yi xiang
ni qu kan yi kan
yue liang dai biao wo de xin

Repeat *

Repeat **

English Translation

Hanyu Pinyin

I love  this song…^_^

 

 

Posted by: bidadarimanis | October 1, 2010

Kumpulan Hadist …sent from my best friend


Andalucia Alfan: IMAN KEPADA HARI AKHIR DAN PERSIAPAN MENGHADAPINYA.. Berkata Umar ibnul Khaththab –Radhiallaahu ‘Anhu: “ Hisablah (perhitungkanlah) dirimu sebelum dihisab ! Timbanglah amalmu sebelum ditimbang ! Dan bersiap-siaplah menghadapi hari ‘ardl (penampakan amal) yang agung. Pada hari itu ditampakkan semua amalan sehingga tidak ada lagi yang tersembunyi.”

Andalucia Alfan: “Hari-hari adalah lembaran-lembaran biru untuk goresan amal perbuatan,maka jadikanlah hari2mu itu sarat dengan amalan yang terbaik.Kesempatan itu akan segera lenyap secepat perjalanan awan,dan menunda-nunda pekerjaan tanda-tanda orang yg merugi.Barang siapa yg bersampan kemalasan,ia akan tenggelam bersamanya.Jika menunda pekerjaan dan rasa malas telah menyatu,maka yang lahir adalah kerugian.”(Ibnu Jauzy,Al-Mudhisy)

Andalucia Alfan: — Jangan anggap sepele sekecil apapun sebuah kebaikan meskipun hanya sesungging senyuman dari bibir saudaramu, apalagi segunung kepedulian mereka terhadapmu..

—- jangan menyepelekan dosa sekecil apapun karena sesuatu yang besar itu dimulai dari yang kecil dulu.

–.& jgn menyepelekan setiap peluang beramal..sekecil apapun peluang itu kudu dimanfaatkan.. ^^
Andalucia Alfan: kah itu bnyak pintunya : pada saudaramu adalah sedekah, … See Moreperintah melakukan kebaikan dan melarang kemungkaran adalah sedekah, petunjukmu pada seseorang tatkala dia tersesat jalan adalah sedekah, membuang batu, duri dan tulang dari jalan adalah sedekah bagimu. Memberikan air yang ada dalam timbamu pada timba saudaramu adalah sedekah (HR. Bukhari, Tirmidzi dan IbnuHibban)

Andalucia Alfan: Senyummu pada saudaramu adalah sedekah, … See Moreperintah melakukan kebaikan dan melarang kemungkaran adalah sedekah, petunjukmu pada seseorang tatkala dia tersesat jalan adalah sedekah, membuang batu, duri dan tulang dari jalan adalah sedekah bagimu. Memberikan air yang ada dalam timbamu pada timba saudaramu adalah sedekah (HR. Bukhari, Tirmidzi dan IbnuHibban)

Andalucia Alfan: Mengapa Cinta Allah?..

Hati yang bersih dan akal yang sehat pasti mencintai Allah, karena fitrah manusia telah di tetapkan untuk selalu mencintai orang yang berbuat baik kepadanya dan memberikan nikmat untuknya.
Bagaimana pula dengan Allah, yang semua kebaikan dan segala nikmat berasal dariNya?
“Dan apa saja nikmat yang a…da pada kamu, maka dari Allah-lah datangnya”
(QS. 16 Al A’raaf: 53)——Hati Bening

Andalucia Alfan: Agar iman kita kuat dengan cara membaca kitabullah,mengkajinya ,dan mentadaburi maknanya;mengkaji sunah Nabi dan mengetahui rincian syariat darinya,mengamalkan isinya dan komitmen terhadapnya dalam perbuatan dan ucapan;menjadikan diri selalu dalam pengawasan ALLAH;bergaul dengan orang-orang yang di kenal keshalihannya dan menjauhi para pelaku kejahatan dan kerusakan.

Andalucia Alfan: Rasulullah pernah menasehati Asma’ dan suaminya Zubair ra . Nabi bersabda,
“Infaqkanlah hartamu, janganlah menghitungnya. Jika engkau menghitungnya,
maka Allah SWT akan memberi rezeki kepada mu dengan dihitung-hitung. Dan
janganlah kamu menyimpan hartamu melebihi keperluanmu, nanti Allah SWT akan
menahan pemberian rezeki kepada mu. Belanjakanlah (infaqkanlah) hartamu
semampu mu.” (HR Bukhari dan Muslim)

Andalucia Alfan: “Milikilah insan yang apabila kamu pandang wajahnya kamu ingatkan ALLAH, apabila kamu dengar kata-katanya ilmu kamu tentang ISLAM bertambah, apabila kamu lihat kelakuannya kamu teringatkan AKHIRAT dan apabila kamu bercakap dengannya kamu berusaha untuk BERTAUBAT…”

Andalucia Alfan: “Semoga Allah merahmati lelaki yang bangun malam, mengerjakan shalat dan membangunkan istrinya. Jika istrinya enggan bangun, ia memercikkan air di wajahnya. Semoga Allah merahmati seorang istri yang bangun malam, mengerjakan shalat dan membangunkan suaminya. Jika suaminya enggan, ia memercikkan air di wajahnya. (HR Abu Dawud dan Ibn Majah).

Andalucia Alfan: Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Harta tidak akan berkurang gara-gara sedekah. Tidaklah seorang hamba memberikan maaf -terhadap kesalahan orang lain- melainkan Allah pasti akan menambahkan kemuliaan pada dirinya. Dan tidaklah seorang pun yang bersikap rendah hati (tawadhu’) karena Allah (ikhlas) melainkan pasti akan diangkat derajatnya oleh Allah.” (HR. Muslim, lihat Syarh Muslim [8/194])

Andalucia Alfan: “Barangsiapa yang menapaki suatu jalan dalam rangka mencari ilmu syar’i maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke Surga” (HR. Ibnu Majah dan Abu Dawud, dishahihkan oleh Asy Syaikh Albani)

Andalucia Alfan: Secara fitrah manusia, pastilah senang jika dirinya dipuji. Saat pujian
datang -apalagi dari seseorang yang istimewa dalam pandangannya-
tentulah hati akan bahagia jadinya. Berbunga-bunga, bangga, senang. Itu
manusiawi. Namun hati-hatilah duhai saudariku, jangan sampai riya’
menghiasi amal ibadah kita karena di setiap …amal ibadah yang kita
lakukan dituntut keikhlasan

Andalucia Alfan: Ibnu Katsir rahimahullahu menerangkan: “Bila kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat jelek kepadamu maka kebaikan ini akan menggiring orang yang berlaku jahat tadi merapat denganmu, mencintaimu, dan condong kepadamu sehingga dia (akhirnya) menjadi temanmu yang dekat. Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma mengatakan: ‘Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan orang beriman untuk bersabar di kala marah, bermurah hati ketika diremehkan, dan memaafkan di saat diperlakukan jelek. Bila mereka melakukan ini maka Allah Subhanahu wa Ta’ala menjaga mereka dari (tipu daya) setan dan musuh pun tunduk kepadanya sehingga menjadi teman yang dekat’.” (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim 4/109)

Andalucia Alfan: “Allah tidak akan melihat seorang istri yang tidak mau berterima kasih atas kebaikan suaminya padahal ia selalu butuh kepada suaminya” .[HR. An-Nasa’iy dalam Al-Kubro (9135 & 9136), Al-Bazzar dalam Al-Musnad (2349), Al-Hakim dalam Al-Mustadrok (2771), dan lainnya. Hadits ini di-shohih-kan oleh Syaikh Al-Albaniy dalam Ash-Shohihah (289)]

Andalucia Alfan: “Tidaklah seorang istri menyakiti suaminya di dunia, melainkan istrinya dari kalangan bidadari akan berkata, “Janganlah engkau menyakitinya. Semoga Allah memusuhimu. Dia (sang suami) hanyalah tamu di sisimu; hampir saja ia akan meninggalkanmu menuju kepada kami”. [HR. At-Tirmidziy Kitab Ar-Rodho’ (1174), dan Ibnu Majah dalam Kitab An-Nikah (2014). Hadits ini di-shohih-kan oleh Al-Albaniy dalam Adab Az-Zifaf (hal. 212)]

Andalucia Alfan: UHIBBUKIFILLAH….
Saudariku ..Jadilah kalian sbagai orang yg mulia dgn dien kalian, dgn tetap teguh mengenakan hijab-hijab kalian. Kuatkanlah
keyakinan kalian bhw Hijab mrupakan syariat Islam.
Dan diatas
itu semua, bhw mengenakan hijab adlh Ibadah kpd Allah,
dlm menta’ati Allah dan Rasul-Nya
Hijab bukanlah adat kebiasaan, ketika suka dikenakan, ketika
tdk suka ditanggalkan.
Hijab adalah harga diri dan kemuliaan.–Ummu Hanin

Andalucia Alfan: Yg ditanyakan ALLAH kpd manusia di Padang Mahsyar : 1. ttg umur – utk apa dihabiskan, 2. ttg ilmu – kmana di amalkan, 3. ttg harta – drmana diperoleh & kmana dihabiskannya, 4. ttg tubuh – capeknya lelahnya utk apa -> Hadits Hasan Shohih dari Tirmidzi (Kajian Rd Rodja, Ust Yazid kamis 1 juli, 6:45)

Andalucia Alfan: “Unaasun yatathohharuun”(QS7:82),”Mrasa pling suci,pling snior,kuat,kaya,pntar,pling cntik,pling brjasa,pling ppuler”adlh prcikan sfat iblis yg dikuti pr syetan,jin & mns.Smua mnjadi rndah kcuali dirinya,jgnkn nsehat mns,nsehat Allah & RasulNya pn tdk didngar bhkn brani mmbangkn mk amat pntaslh Allah cmpakkn mrk k Neraka jahanam(QS1:34).

Shabatku,slamatknlh diri dg mnghinakn dri dhdpn Allah & mrendhkn hati pd mhlukNya.(KH.Muhammad Arifin Ilham)

Andalucia Alfan: Sahabat, tak ada manusia yang sempurna didunia ini. Jangan berharap orang lain sempurna yang tak pernah berbuat salah kepada kita, karena diri kitapun tidak sempurna yang juga sering berbuat kesalahan. Maafkan dan lupakanlah kesalahan dan keburukan orang lain, sebagaimana kita ingin agar kesalahan dan keburukan kita dimaafkan dan dilupakan orang lain.

Andalucia Alfan:
“Barangsiapa yang niatnya adalah untuk menggapai akhirat, maka
Allah akan memberikan kecukupan dalam hatinya, Dia akan menyatukan
keinginannya yang tercerai berai, dunia pun akan dia peroleh dan tunduk
hina padanya. Barangsiapa yang niatnya adalah untuk menggapai dunia,
maka Allah akan menjadikan dia tidak pernah merasa cukup, akan me…ncerai
beraikan keinginannya, dunia pun tidak dia peroleh kecuali yang telah
ditetapkan baginya.” [HR. Tirmidzi, shahih]

Andalucia Alfan: Orang-orang yg sombong dikumpulkan pada hari kiamat seperti semut2 kecil dalam bentuk manusia, diliputi oleh kehinaan dari segala arah, digiring ke penjara Jahannam yg disebut Bulas, dilalap oleh api dan diberi minuman dari keringat penduduk neraka, thinathul khabal (HR. At Tirmidzi)
Last message received on 10/1/2010 at 1:32 PMBookmark

Posted by: bidadarimanis | September 30, 2010

Swimming Lesson-Never give up

saya teringat pengalaman sewaktu saya merantau sekolah ke Taiwan, dulu saya ga bisa berenang, cuma bsa gaya punggung, lalu saya belajar denagn beberapa orang teman, gaya katak..

gaya katak ini susah2 gampang…saya awalnya hanya bisa 2 kali angkat kepala dari air lalu tenggelam…sampai berbulan2 ga bisa2..(karna saya ga rajin juga berenang saat itu)…

suatu saat…saya berhasil sampai 20 meter …dengan nafas yang ngos2an dan kemasuka air mulai dari hidung dan mulut..

tapi ga nyerah…

meneruskan perjuangan sampai setelah saya selesaikan Thesis saya akhrinya mulai rutin berenang …akhirnya saya beranikan diri nyebur di tempat yang airnya lebih tinggi dari badan saya…jalan lewat pinggir pinggir…lalu berenang gaya katak ke tempat yang lebih rendah, kira2 jaraknya 50 meter tanpa henti…dan berhasil…^_^…tapi itu setelah berkali2 saya kelelep atau tenggelam atau kehabisan nafas…tapi saya ga nyerah..saya cuma mau fokus sampai di ujung saja…dengan pikiran tenang ..akhrinya saya sampai juga…

kawan…

dari situ saya belajar tentnag filosofi keberhasilan seseorang…ga serta merta keberhasilan itu didapat dengan mudah..sebelumnya pasti ada rintangan dan halangan, kesulitan dan berbagai macam cobaan yang Tuhan kasih buat kita..supaya kita bisa tau gimana rasanya gagal, supaya kita bisa tau kesalahan apa yang membuat kita gagal

kalau kawan2 ini punya niat yang kuat dan keyakinan yang kuat serta do’a, Insyaallah Tuhan pasti akan membukakan jalan buat kita menjadi berhasil…tapi kalau belum dikasih keberhasilan mungkin..Tuhan tau kita jadi sombong apabila kita berhasil dan Tuhan ga mau kita jadi orang seperti itu. atau bisa jadi keberhasilan yang kita dapat adalah ujian dari Tuhan  apakah kita bisa mempergunakannya keberhasilan kita dengan baik atau malah disalahgunakan.

kembali ke judul Swimming Lesson…

apapun yang kita yakini kita bisa mencapainya…berusaha dan berdoalah untuk mencapainya…bila belum berhasil..yakinlah bahwa Tuhan menilai bukan dari hasilnya.. tapi dari usaha yang kita telah jalankan…

Never Give Up 😉

Posted by: bidadarimanis | September 22, 2010

fenomena masuk angin

saya jadi penasaran kenapa masuk angin..karna sabtu kemaren saya buang2 air ke wc sampai 20 kali dalam sehari…lemes, dan hampir dehidrasi…baru berhenti setelah tukang pijit datang bikin tato ikan dibadan saya alias kerokan

saya cari di internet…

—-

orang2 sih bilangnya masuk angin A.K.A ada angin yang masuk ke tubuh kita.
gejala2nya antara laen:

o kedinginan
o kembung
o pegal-pegal otot dan sendi
o buang gas terus menerus
o batuk-pilek

Kerap kali mereka memakai jaket yang tebal saat berkendara motor dengan tujuan, supaya “enggak masuk angin”..mereka mungkin beranggapan bahwa “angin” tersebut dapat masuk lewat pori-pori tubuh kita, dan dengan mekanisme “entah bagaimana” dapat menimbulkan keluhan-keluhan tidak enak seperti yang telah disebutkan di atas.
Sebenarnya di Istilah Kedokteran, TIDAK ADA istilah “masuk angin”, dan berbagai keluhan yang disebutkan diatas memang dapat ditimbulkan oleh Cuaca Dingin (mungkin aja banyak anginnya) namun tidak seperti yang telah dipikirkan oleh banyak orang awam…(masuk angin..).

Cuaca yang dingin dapat menimbulkan mekanisme “vasoconstricion” dimana terjadi Penyempitan pembuluh darah kita, hal ini mekanisme untuk menghambat pengeluaran kalor berlebihan dari tubuh, sehingga tidak terjadi Hipotermi. Nah..Vasokonstriksi (penyempitan) pembuluh darah ini dapat mengakibatkan peredaran darah di tubuh kita kurang lancar, sehingga hasil metabolisme, dan Asam laktat terakumulasi pada otot-otot kita..akibatnya pegal-pegal dan seluruh tubuh kita tidak enak…

Selain itu, Cuaca yang dingin juga mengakibatkan “perlambatan dari gerak peristaltik saluran cerna kita”, sehingga gas yang ada di saluran cerna kita tertampung sehingga dapat menjadi kembung…perut terasa penuh…ditambah lagi mungkin aja terjadi yang namanya “Aerophagi” (Makan angin)..nah ini mungkin yang sering kita alami bila kita berkendaraan motor, atau naik Roller Coaster, tapi sambil buka mulut (Mangap), akibatnya banyak angin yang tertelan oleh kita, sehingga kita kenyang dengan angin (Kembung-red). He..He…
Parahnya lagi, Cuaca yang dingin, dapat mengakibatkan rambut-rambut sel di saluran pernafasan kita lambat untuk bergerak..padahal fungsi pergerakan tersebut adalah untuk mengeluarkan lendir dan bakteri serta virus. Akibat dari gangguan fungsi rambut-rambut di saluran nafas ini, kita akan mudah terkena infeksi saluran nafas atas, seperti: batuk, pilek, dll..

Nah, obat-obat, jamu-jamu dan sebangsanya hanya berfungsi mengeluarkan udara dalam saluran pencernaan (jadi sering buang gas), dan menghangatkan badan karena banyak mengandung jahe, dll..(that’s Oke…).
Tapi, kalo jamu-jamu buat pegel-pegel..lebih baik jangan deh..karena banyak yang mengandung Steroid dan Obat penghilang sakit non steroid (NSAID), yang dapat mengakibatkan banyak komplikasi lain, seperti: Sakit lambung, bahkan sampai lambungnya jebol (bocor)..Hati-hati..

Kalo kerokan boleh ga?? Jangan Deh..Karena kerokan sebenarnya untuk memecahkan kapiler-kapiler darah, sehingga terasa enak karena pembuluh darah kembali melebar..namun waw..badan kita rusak berat..dan taukah anda, kenapa orang yang kebiasaan dipijet dan dikerok kayaknya kecanduan? hal itu dikarenakan tubuh kita akan mengeluarkan zat “endorfin” Sejenis Morfin namun endogen (dihasilkan tubuh), sebagai mekanisme pertahanan terhadap rasa nyeri… kayak “pecandu” gitu deh.

——-wah ternyata ga boleh ya kerokan n pijet ….emang sakit sihhh cuma kalau ga boleh pijet gimana caranya lagiiii

sekedar nambah info aja. buat yang berusia lanjut, terutama kalo punya background diabetes (gula) atau hipertensi, mesti waspada. karena yang sering dikira masuk angin itu, ternyata sebenernya adalah gejala serangan jantung (MCI atau infark miokard). seringkali disebut juga sebagai “angin duduk” dan “hilang” setelah dikerok.

—-

ternyata akibat penyempitan pembuluh darah…sampe badang pegel-pegel dan murus-murus…baru kali ini saya seumur hidup murus-murus sampai 20 kali  dalam sehari ke WC….

Posted by: bidadarimanis | September 16, 2010

Taipei: Unconditional Sharing-Berbagi Tanpa Syarat

Ada sedikit cerita tentang kehidupan di Taipei…banyak pelajaran tentang hidup yang saya terima selama 1 tahun tinggal disana.

—i have some story about my life in Taipei, i learn many things about life during my 1 year study in Taipei

mungkin saya tidak berkontribusi banyak dalam hal ini tapi saya senang sekali dan terngiang-ngiang sampai sekarang dan ingin bisa kembali melakukan dan mengalami hal ini…

—maybe i didn’t have much contribution in this part, but i’m very happy get involved  and i always remember it and hope i can have these kind of experiences in the future.

suatu malam setelah tarawih pada saat Ramadhan 1430 H, atau tahun 2009, saya di ajak teman saya ke masjid kecil Taipei or Taipei Cultural Mosque untuk jadi peserta pesantren kilat, yang ikut mahasiswa dan mba2 TKI..

—-english part to be continue…

lalu buka puasa dan lainnya…

ada yang menarik dari mba2 TKI ini…kalau nyumbang untuk buka puasa atau yang lainnya bukan uang receh..tapi lembaran…ada yang 100, 500, 1000….jadi malu sendiri saya karna cuma sumbang receh..

hal yang menarik lainnya…mereka punya baju seragam..warnanya menyala..kompak deh pokoknya…

dari situ saya mulai memperhatikan sepak terjang mba2 tKI ini…sampai suatu waktu saya diajak salah seorang senior untuk ikut berkontribusi membantu ngajar Iqro di masjid besar…dan menjadi sebuah kenangan yang ga akan saya lupa…

Kesungguhan mba2 TKI yang mau belajar membaca dan mempelajari Al Qur’an itu membuat saya berpikir betapa besarnya Kuasa Allah SWT membimbing mereka mencari dan mendapatkan hidayah diantara banyak teman2nya yang terpengaruh dengan dunia gemerlap bebas ala barat dan tak beragama… SUBHANALLAH…mereka menemukan kembali jalan lurus yang Allah sebutkan dalam Al Qur’an surat Al Fatihah..

walaupun cuma bisa ngajar Iqro dan sharing pengalaman dengan mba2 TKI itu saya merasa sangat bersyukur bisa berbagi dengan mereka , malah kadang diprotes kalau datang ke masjid terlalu siang, tapi saya senang…

suatu saat musim dingin saya datang ke masjid besar…saya salaman dengan seorang mba2 TKI, namanya mba tarmi…dia pengan tangan saya yang sedingin air es itu…dipengangnya terus tangan saya sampai hangat…katanya..kasihan liat tangan saya gemetar kedinginan…saya hanya bisa tertegun dan berharap Allah bisa membalas kebaikannya…perasaan saya saat itu haru sekali…padahal itu hal sederhana yang dia lakukan untuk saya…

saya seperti ketagihan datang ke masjid itu…bertemu mba2 TKI, sharing sesuatu dengan mereka dan mendengar pengalaman mereka…sayangnya saya ga bisa sering2 datang karna sesuatu dan lain hal…

dan saya menyesal ..karna saya ga bisa menemukan hal ini saat saya kembali ke indonesia…

menemukan hal Berbagi Tanpa Syarat…

@ Home..22.11 P.M

here i try to explain something in dual languages, indonesian and english..

first i want to introduce you what is chemical engineering and why i write about this topic.

in my opinion in simple description, Chemical Engineering is one of field of study that process raw material to be more valuable product with the chemical process equipment and chemical reaction

but the process is not that simple…

Chemical Engineers must know detail of material, process, reaction, and what kind of end product that they need, how to handle material, what kind of specific equipment for processing those materials, calculate how many raw material they need and how much the product from that reaction, how much money they have to spend, how big the land to build a plant, where the plant will get the material, and whom will buy the end product and what it is for, when they get Break Event Point, and safety of the process and product..(maybe i missed something, but those all some points about chemical engineering)

i took Chemical Engineering for my undergraduate degree …thanks God i took that major, it’s really useful in my life…and i think many industries need Chemical Engineers..

Second, i will introduce you about Industrial Engineering and Management

i took this course for my graduate degree, my father suggest me to take this course if i want to learn about how to manage chemical plant or company.

actually the courses are not too complicated as Chemical engineering, but still i need time to adapt with Industrial Engineering courses.

when i learned about PPIC, Operation management, Operation research, i just remember when i was worked in Ceramic industry..remember the process in different view point, ( chemical engineers think about how the ceramic process and what cause the ceramic defect how to reduce it by chemical process, but industrial engineers think about when the plant will order new material (schedule), how much it is (warehousing), where they have to supply their raw material and product with low cost but high benefit ( supply chain mangement and engineering economy)), how many product defect and how much company loss ( statistic and TQM), how to create safe and comfortable working environment (Ergonomic and Safety).. other department will create company database and integrated information system to make the company management easily to manage and check out their company efficiently (MIS, Knowledge Management), and how to create new plant (Project management)..

actually industrial engineering and management courses more uncomplicated than chemical engineering because Chemical engineering courses for graduate degree are advance of chemical engineering from undergraduate, such as advance thermodynamic, advance kinetic reaction, advance transfer phenomenon, and other advance chemical engineering courses which have difficult mathematic solution and formula…

even i like chemical process but i don’t like to get involved with those complicated mathematic formula…:P..those why i took Industrial Management for my graduate degree..

Maybe my english language is not good and still need some revision, but i hope you can understand what i have already explain above. those are just my personal opinion and view point about relation ship between Chemical Engineering and Industrial engineering if you have any suggestions or critics just send me email or comment in my blog..

nb: to be continue with other story about Chemical Engineering and Industrial Engineering

-Emmi-

Posted by: bidadarimanis | August 27, 2010

Ramadhan 2009

telat sih nulisnya.. cuma saya masih ingat betul pengalaman Ramadhan tahun kemaren itu

awal ramadhan 2009 saya urus keperluan brangkat untuk study di Taiwan…mondar mandir ke deplu, TeTo, kampus UI depok….sampai akhirnya berat badan saya menyusut sekitar 2 Kg..( yang udah kurus tambah kurus)…:P..pake acara sakit karna kecapean pula..

pertengahan Ramadhan akhirnya saya brangkat ke Taiwan bersama teman saya, Ikhwan dan ortunya, mampir ke Singapur dulu 3 hari 2 malam trus keesokan harinya cabut ke  Taiwan..

Hari pertama di taiwan, Alhamdulillah dikasih tau temen mana makann yang ga boleh dimakan alias mengandung babi..di kasih tau karakter Hanzinya..jadi kalau mau beli saya liat inggridientsnya manag yang mengandung babi saya ga ambil. dan Alhamdulillah masih bisa puasa dihari2 selanjutnya..sempet bolong 1 hari sih..gara2 ga fit badannya.

yang paling unik adalah kalau buka puasa di Masjid besar Taipei, karna hapir setiap hari saya goes sepeda pinjaman untuk kemesjid atau dibonceng sahabat baru saya ririt aprilin, karna cuma dia yang bisa bonceng saya..

Ritual buka puasa di masjid besar Taipei adalah buka puasa dengan bubur kacang atau makan manis lainnya lalu dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah, habis itu lanjut makan besar…biasanya makannya ada lah semur daging, sayur, semur ayam, roti india. habis makan lalu kita beberes meja..yang bapak2 dan mas2 cuci piring, yang ibu2 bungkus2 makanan sisa untuk dibawa pulang..( ini sih keahlian saya juga)..

lalu dilanjutkanTarawih berjamaah…

munkin karna banyaknya jamaah indonesia yang sholat di Masjid besar itu sampai ada tulisan bahasa indonesia dan bahasa inggrisnya..(pengumuman ga boleh berisik dan ga boleh makan di dalam masjid)..

yang unik lagi yang saya lihat adalah sewaktu ambil air wudhu…biasanya temen2 suka ngobroll kalau mau wudhu..eh tiba2 ditegor sama ibu2..”Please sssttttssttt”.. lain lagi pas sholat…entah karena pemahamannya beda atau gimana ya, banyak yang sholat pakai celana panjang, baju panjang, dan kerudungan seadanya tanpa penutup kaki..(dan kalau lagi rukuk temen sebelahnya pasti berguman..” ada jempol”..tapi ini mungkin hanya saya saja yang sesaat terlintas itu waktu sholat..)..

kemudian semept juga iktu pesantren kilat untuk mba2 TKI di masjid kecil, malam2 pulang ke asrama sama ririt jam 12 malam boncengan naik sepeda..tapi Alhamdulillah aman2 aja…

kalau sahur…teman2 cewe di kamar 413 berjibaku dengan lauk2 sisa malam sebelumnya dari masjid..saya kebagian jadi tukang bawa makanan ke Lounge Dorm 3 dimana temen2 laki2 dan perempuan muslim sahur bareng dengan membawa lauk2 yang dibuat dikamar masing2 dan piring makan masing2..walaupun lauknya sederhana tapi nikmat lah..( mie rebus pake telor, abon , sarden, kerupuk dll)

menjelang akhir puasa..alias besokknya lebaran..saya dan teman2 menghabiskan waktu di masjid besar…foto2 dan telpon ortu di Indonesia…bersyukur banget saya bisa sampe sekolah keluar negri (salah satu impian ayah saya yang ga kesampaian, eh anaknya yang brangkat ^_^)..sedih dan bersyukur…

esok harinya sholat ied di masjid besar…ada yang berbeda dengan sholat ied di Indonesia..tapi saya lupa bagian mana..yang jelas sholatnya ga sama jumlah  takbirnya dengan yang biasa dilakukan di Indonesia…koq bisa ya??hmm mhazab siapa yang kita pakai dan mereka pakai..Allahu alam…^_^

habis itu makan2 deh di rumah ketua KDEI…enak ..masakan indonesia semua..^_^…

Alhamdulillah…

Older Posts »

Categories